Punya binatang Peliharaan Baik untuk Kesehatan, Mitos atau Fakta?

Sangat menarik untuk diulas, mengenai hewan peliharaan yang kabarnya baik untuk kesehatan. Mungkin Anda menyadari bahwa kehadiran hewan-hewan lucu membuat hidup menjadi lebih berwarna.

Beberapa orang mungkin ingin memiliki hewan peliharaan hanya karena tertarik dengan bentuknya yang lucu dan menggemaskan. Namun siapa sangka memiliki hewan peliharaan dapat mendatangkan banyak sekali manfaat terutama untuk kesehatan mental.

Punya binatang Peliharaan Baik untuk Kesehatan, Mitos atau Fakta?

Hal tersebut tidak sekadar mitos, ada beberapa alasan mengapa binatang peliharaan atau pet bisa membantu seseorang memelihara kesehatan tubuhnya. Tentu saja bahaya kesehatan secara fisik namun juga psikis.

Jika Anda penasaran, apa alasan hewan peliharaan baik sekali untuk kesehatan dan ternyata tak sekadar mitos, berikut fakta lengkapnya setelah dikutip dari berbagai sumber terpercaya mengenai kesehatan.

Fakta binatang Peliharaan Baik untuk Kesehatan

Hewan peliharaan memang berbeda dengan hewan ternak yang dirawat namun diambil manfaatnya untuk kebutuhan manusia namun pet lebih bisa diajak berkomunikasi sehingga menjadi lebih dekat dengan manusia.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika Anda memiliki hewan yang sangat disayangi, mungkin tanpa sadar Anda juga sudah merasakannya misalnya lebih bahagia, tidak kesepian dan lain-lain, ternyata berikut fakta manfaat dari hewan peliharaan:

  1. Dapat mengurangi stres

Banyak studi yang menunjukkan bahwa binatang peliharaan sangat ampuh untuk penghilang stres di mana pemiliknya bisa bermain atau duduk-duduk santai di sebelah hewan peliharaan.

Hal tersebut membuat pemiliknya merasa rileks, bahkan saat stres Anda bisa mengajak hewan peliharaan bermain. Itulah alasan mengapa binatang-hewan yang lucu dapat mempengaruhi kesehatan mental manusia secara positif.

  1. Mampu meningkatkan kebugaran fisik

Alasan berikutnya mengapa binatang peliharaan baik untuk kesehatan adalah dapat meningkatkan kebugaran fisik di mana Anda bisa mengajaknya jalan-jalan secara teratur.

Dengan membawanya berjalan-jalan maka artinya Anda memiliki waktu untuk dapat melakukan aktivitas secara fisik bahkan tanpa terasa lelah sehingga hal tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kebugaran.

Hewan peliharaan juga mendorong rutinitas yang sehat misalnya Anda di minta untuk bertanggung jawab memberinya makan, memandikannya dan sederet aktivitas tas yang perlu dilakukan secara ketat.

  1. Membantu mengatasi depresi dan kecemasan

Pet merupakan sumber kenyamanan dan relaksasi bahkan tanpa disadari Anda menjadikannya sebagai sahabat terbaik dengan mengajaknya berbicara, bercanda dan lain-lain.

Para ahli mengatakan, kehadiran hewan peliharaan dapat membantu seseorang memerangi depresi dan kecemasan karena saat menghabiskan waktu bersama Anda akan melepaskan hormon bahagia yang membantu Anda merasa lebih baik.

  1. Menghilangkan perasaan-perasaan negatif

Memiliki pet membuat Anda tidak merasa kesepian lagi apalagi jika binatang tersebut adalah hewan berbulu. Anda bisa melakukan relaksasi sambil memainkan bulunya yang sangat lembut.

Aktivitas bersamanya juga dapat mengembangkan rasa kasih sayang dan menciptakan kepedulian sehingga tidak heran jika Anda mempunyai perasaan saling memiliki yang lebih erat dan jauh dari perasaan penolakan.

  1. Meningkatkan kehidupan sosial

Tidak hanya untuk orang dewasa saja, hewan peliharaan juga sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak, terutama untuk anak-anak dengan kebutuhan khusus karena kehadiran pet membantu mereka belajar berkomunikasi.

Saat membawanya keluar rumah makan, hewan peliharaan akan memberikan kesempatan untuk Anda berinteraksi secara sosial dengan banyak orang, pada umumnya orang-orang akan mengawali percakapan membahas hewan peliharaan.

Jika Anda memang menginginkan dampak positif dari pet maka rawatlah dengan baik dan jaga kebersihannya. Dengan begitu ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan di mana pet memang sangat baik untuk kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.